Sabtu, 03 November 2012

Aksi Untuk Indonesiaku : Memajukan Pendidikan Dengan Internet

Aksi Untuk Indonesiaku : Memajukan Pendidikan Dengan Internet
Perkembangan dunia informasi pada era globalisasi dewasa ini berkembang sangat pesat khususnya melalui internet. Sekolah, universitas, instansi pemerintah, perusahaan, dll. pada umumnya telah memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk memperoleh dan mendistribusikan berbagai macam informasi yang bermanfaat. Sudah sepantasnya tidak ada kata "bodoh" lagi bagi bangsa Indonesia. 

Namun, masih saja terdapat oknum-oknum tertentu yang justru memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk melakukan kejahatan. Langkah untuk meminimalisir para calon korban kejahatan di internet merupakan tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini, Cyber4rt telah memiliki beberapa langkah memajukan pendidikan dengan internet demi penggunaan ke arah yang lebih positif khususnya pendidikan serta tidak mudah terpengaruh oleh aksi kejahatan, yaitu:

1. Memberikan Pembelajaran Lewat Internet Guna Mendapatkan Ilmu Pengetahuan Pendidikan

Dengan memberikan metode pembelajaran yang fleksibel, akan mampu meningkatkan semangat belajar para penerus bangsa Indonesia. Hal ini akan memicu pergeseran pola belajar tatap muka ke arah yang lebih terbuka. Beberapa cara yang telah diterapkan Cyber4rt dalam menyalurkan sumber ilmu pengetahuan berupa mailing list, konferensi jarak jauh (teleconference), chatting, bulletin board maupun konferensi komputer. 

2. Menyediakan Media Untuk Mengeksplorasikan Kreativitas

Sudah sepantasnya pelajar memiliki wadah/media untuk menuangkan apa yang telah mereka dapatkan khususnya materi-materi pendidikan. Wadah/media yang dimaksudkan dapat berupa:
  • Pembuatan website di masing-masing sekolah, universitas, dll.
  • Pembagian ruang (space) subdomain gratis kepada masing-masing pelajar agar mereka mampu membaca dan menulis mengenai informasi dan pengalaman yang mereka peroleh khususnya selama proses pembelajaran.
  • Kompetisi tahunan juga bisa diadakan agar lebih meningkatkan semangat untuk mengeksplorasi semua bahan belajar.
3.  Pembelajaran Berbasis Web

Belajar berbasis web akan menawarkan beraneka ragam aktivitas dan latihan dalam pembelajaran dibanding kelas tradisional. Tenaga pendidik (Guru/Dosen) akan termotivasi untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Pembelajaran menjadi lebih dinamis dan mampu memperluas visi tenaga pendidik dan pelajar. Soal latihan, panduan tenaga pendidik dan rancangan pelajaran yang ditempatkan oleh institusi pendidikan dapat terhubung melalui portal pembelajaran yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Motivasi dan minat para pelajar pun dapat meningkat secara nyata.

4. Mengadakan Uji Coba Ujian (Try Out) Online Gratis

Metode ini Try Out online gratis ini sangat menarik dimana pelajar bisa langsung mengerjakan soal, melihat langsung nilainya dan mendapatkan pembahasan diakhir Try Out. Para pelajar dapat menghemat waktu dan biaya transportasi karena tidak perlu mendatangi tempat belajar.

5. Perpustakaan Online

Era digitalisasisi saat ini telah menuntut kita untuk melakukan transformasi secara keseluruhan. Perpustakaan-perpustakaan yang ada di seluruh pelosok Indonesia harus memikirkan untuk mulai mengoleksi sumber-sumber digital sebagai pemenuhan kebutuhan pendidikan. Dengan dihadirkannya perpustakaan online maka diharapkan mampu menjadi media tampung ilmu pengetahuan yang tidak terbatas dan dapat diakses kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja selama mereka memiliki jaringan internet.

6. Pemerataan Jaringan Internet Untuk Cloud Computing

Untuk yang satu ini, pemerintah harus memperkuat jaringan internet sampai ke daerah pedalaman. Setelah dilakukan pemerataan, penyimpanan data-data pendidikan pada virtual server dapat dilakukan. Cara ini dikenal dengan istilah Cloud Computing yang dapat diakses oleh siapa saja. Dengan Cloud Computing, pelajar di pedalaman dapat memiliki taraf belajar yang hampir sama dengan pelajar di perkotaan secara virtual.

7. Peran Serta Tenaga Pendidik

Dalam pencapaian kualitas pendidikan melalui media internet, para tenaga pendidik diharapkan mampu memanfaatkan internet sebagai alat bantunya. Untuk itulah perlu diadakan pelatihan secara rutin dalam penggunaan teknologi demi kelancaran peningkatan mutu pendidikan. Dengan bersahabatnya antara tenaga pendidik dan teknologi informasi, setidaknya akan mendorong para pelajar untuk akrab dengan teknologi informasi pula.

Dari seluruh aksi untuk memajukan pendidikan Indonesia dengan internet yang tercantum di atas, telah terlaksana sekitar 60% dari pencapaian target. Diharapkan kedepannya Pemerintah tidak henti-hentinya untuk terus mendukung pengembangan dunia pendidikan Indonesia melalui internet demi kecerdasan bangsa Indonesia yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar