Kamis, 08 November 2012

Waspadai Ponsel Anda Dari Infeksi Malware

Apakah Anda khawatir tentang malware di ponsel/tablet Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui beberapa tips tentang cara untuk melindunginya dari infeksi malware seperti Cyber4rt kutip dari TechRepublic.com

Waspadai Ponsel Anda Dari Infeksi Malware

Malware mobile - apa itu? ?

Malware mobile dapat melakukan tindakan berbahaya di ponsel atau tablet. Bisa saja menjadi pesan teks, membombardir kontak Anda dengan pesan yang tidak diinginkan atau melakukan tindakan merugikan lainnya tanpa izin Anda. Malware juga memiliki "sepupu" di spyware di mana sebuah aplikasi yang dapat mengumpulkan data tentang pengguna tanpa sepengetahuan dan persetujuan mereka. Spyware umumnya menangkap informasi yang menarik bagi pihak ketiga seperti daftar kontak, log telepon, pesan teks, lokasi dan sejarah browser.

Bagaimana malware didistribusikan?

Pendistribusian malware yang umum adalah melalui software yang diunduh di luar toko aplikasi resmi, tetapi ada beberapa juga kasus malware yang menyebar melalui web yang terinfeksi atau di app iklan dan link yang dikirim lewat email. Aplikasi ber-malware sering menyamar sebagai aplikasi yang sah. Sebuah studi oleh Departemen Ilmu Komputer di North Carolina State University menemukan bahwa 86 % dari ponsel Android memilikin muatan malware yang dikemas dengan aplikasi yang sah.

Seberapa aman setiap platform mobile dari malware?

Karena Android adalah platform mobile yang paling ditargetkan oleh penulis malware, Google telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan OS-nya dan Google Play app store. Pada bulan Februari 2021 kemarin, Google memperkenalkan pemeriksaan otomatis ke Play Store-nya dengan Bouncer, sistem analisis aplikasi yang tersedia melalui Google Play untuk perilaku yang berpotensi bahaya.

Platform iOS menjalankan aplikasi pada sandboxr, membatasi akses aplikasi berbahaya ke seluruh sistem dan mendukung enkripsi 256-bit berbasis hardware untuk data yang tersimpan pada perangkat. Meskipun iOS mengunci aplikasi yang dapat dijalankan pada iPhone dan iPad, pentester masih mampu melakukan jailbreak pada versi terbaru dari IOS untuk menghapus pembatasan tersebut dan memungkinkan untuk menjalankan aplikasi yang tidak di unduh dari toko resmi.

Blackberry RIM masih merupakan smartphone pilihan bagi banyak perusahaan karena tingkat keamanan dan kontrol yang menyediakan lebih dari perangkat mobile. RIM mengelola semua perangkat lunak dan pembaruan, memiliki jaminan kualitas proses yang ketat untuk pengujian aplikasi dan memberikan perusahaan kontrol granular atas perilaku aplikasi dan akses.

Windows Phone 8 meliputi upgrade beberapa keamanan lebih dari versi sebelumnya, seperti dukungan untuk enkripsi seluruh sistem OS dan aplikasi, sebuah fitur SafeBoot yang membuat malware sulit untuk dimuat ke ponsel tanpa tanda tangan digital yang diakui, serta peningkatan sandboxing dari aplikasi.

Bagaimana melindungi ponsel terhadap malware?

Bagi pada pengguna ada beberapa tindakan pencegahan sederhana untuk melindungi ponsel/tablet Anda terhadap infeksi malware. Langkah utama adalah mendapatkan aplikasi dari sumber terpercaya, yang berarti men-download dari toko aplikasi resmi dan memeriksa nama pengembangnya, ulasan dan peringkat dari masing-masing aplikasi. Secara khusus, pengguna harus waspada terhadap setiap aplikasi yang menawarkan versi gratis dari software yang biasanya berbayar.
 
Juga update firmware sangat penting untuk peningkatan keamanan dan perbaikan kerentanan. Ada juga berbagai macam software anti-malware untuk ponsel/tablet Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar